Zaitun

Zaitun

Zaitun (Olea europaea) yaitu pohon kecil tahunan serta hijau kekal, yang buah mudanya bisa dikonsumsi mentah maupun setelah diawetkan jadi penyegar. Buahnya yang tua diperas serta minyaknya diekstrak jadi minyak zaitun yang bisa dipakai untuk beragam jenis kepentingan. Toko Herbal Cikampek

Tanaman zaitun mempunyai tanda-tanda salah satunya :

tumbuh jadi pohon atau perdu hijau kekal memiliki bunga berupa lonceng

pendek serta gemuk, tingginya tidak sering lebih dari 8–15 m (26–49 ft), terkecuali varietas Pisciottana yang semakin besar serta tinggi

daun tunggal dengan kedudukan bertemu tanpa ada daun penumpu, berwarna hijau keperakan, berupa lonjong dengan panjang 4–10 cm (1, 6–3, 9 in) serta lebar 1–3 cm (0, 39–1, 18 in)

batang keriput serta terpelintir

bunga banci atau berkelamin tunggal serta buah menumpang ; bunga kecil-kecil berwarna putih berbulu, dengan calyx serta corolla berbelah sepuluh, dua stamen serta stigma bifid, umumnya tumbuh pada kayu th. Sebelumnya

buahnya kecil berbentuk buah batu (drupe), panjangnya 1–25 cm (0, 39–9, 84 in) dengan biji mempunyai endosperma. Buahnya memiliki ukuran lebih kurus serta kecil pada tanaman liar dibanding pada pembudidayaan.

Zaitun mulai berbuah waktu berusia lima th. serta usianya bisa meraih beberapa ribu th., hingga yang semula perdu sudah jadi pohon besar. Pohon zaitun yang berusia beberapa ribu th. salah satunya pernah diketemukan di Palestina yang bertahan hidup sampai 2000 th..

Zaitun dipanen pada saat masih tetap hijau hingga telah berwarna ungu. Buah zaitun hitam dalam kaleng mungkin saja memiliki kandungan bahan kimia (umumnya fero sulfat) yang membuatnya berwarna hitam dengan buatan. Biji Olea europaea umumnya dalam bhs Inggris di Amerika dimaksud pit atau rock, sedang di Inggris jadi stone, semua berarti ” batu “.

Distribusi

Distribusinya mencakup beberapa daerah iklim panas hingga iklim tengah. Umumnya macamnya bisa didapati di Asia, Afrika serta daerah Laut Tengah. Varietas Pisciottana, yang terbagi dalam 40. 000 pohon cuma diketemukan di daerah sekitaran Pisciotta, Campania, di lokasi selatan Italia, tingginya lebih dari rata-rata zaitun ditempat lain, dan batangnya semakin besar diameternya. Tumbuhan ini masih tetap berkerabat dengan melati (Jasminum sambac).

Nizamul Muttaqin

Seorang ayah dari dua anak Satu Istri. Sangat hobi menulis sejak SD. Semoga tulisan di blog ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *