Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mencuci Pakaian Agar Pakaian Lebih Awet

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mencuci Pakaian Agar Pakaian Lebih Awet – Terkadang ada masalah yang bisa saja terjadi kepada pakaian anda. Entah itu luntur, atau menyusut, atau bahkan sobek setelah pakaian tersebut dicuci. Yang tadinya tujuan awal dari mencuci pakaian adalah untuk membuat pakaian bersih dan enak dilihat. Ternyata berujung rusaknya pakaian karena kekurang telitian kita saat mencucinya.

Jika pakaian yang luntur atau menyusut merupakan pakaian yang dibandrol dengan harga yang standar, mungkin anda tak begitu mempermasalahkan. Namun jika pakaian yang rusak adalah pakaian yang memiliki nilai yang tinggi, atau pakaian tersebut memiliki nilai lebih di mata keluarga anda seperti kaos couple keluarga islami, tentu akan menjadi sebuah penyesalan tersendiri bagi anda.

Sebenarnya, rusaknya pakaian akibat dicuci dapat dihindari jika anda tahu tipsnya. Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa hal yang harus anda hindari saat mencuci pakaian kesayangan anda.

  1. Resleting Terbuka

Ada beberapa pakaian yang memiliki kelengkapan seperti resleting. Contohnya saja, celana jeans, celana kantor, rok, jaket, dan lain-lain. Ketika mencuci, usahakan resleting yang ada pada pakaian anda dalam keadaan tertutup. Karena resleting yang terbuka dapat menyebabkan kain di sekitarnya robek. Selain itu juga, resleting yang terbuka bisa menggores permukaan dari mesin cuci itu sendiri. Oleh karena itu, mulai sekarang selalu tutup resleting pakaian anda sebelum anda mencucinya.

  1. Menyatukan Pakaian Luntur

Hal kedua yang harus anda hindari saat mencuci pakaian anda adalah selalu pisahkan pakaian yang luntur. Jangan sampai pakaian yang luntur, anda satukan dengan pakaian yang tidak luntur disaat mencucinya. Hal ini tentu akan membuat pakaian anda terkena lunturan dari pakaian yang luntur tersebut. Tentu hal ini tidak diinginkan oleh anda. Jika anda tidak mengetahui apakah pakaian anda luntur atau tidak. Anda bisa merendamnya terlebih dahulu dengan kaos kaki berwarna putih misalnya.

  1. Menuangkan Detergen Langsung Ke Pakaian

Hal ketiga yang harus anda hindari ketika mencuci pakaian adalah menuangkan detergen langsung ke pakaian yang hendak anda cuci. Beberapa dari kita mungkin sudah biasa melakukan hal ini karena ingin pakaian cepat bersih, namun ternyata hal ini keliru. Justru menuangkan detergen langsung ke pakaian kurang efektif untuk membersihkan pakaian anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik caranya adalah simpan baju di mesin cuci, kemudian rendam dengan air, setelah beberapa saat direndam, barulah anda bisa menuangkan detergen kedalamnya.

Itulah beberapa hal yang harus anda hindari agar pakaian anda tetap awet dan lebih awet untuk waktu yang cukup lama.

Nizamul Muttaqin

Seorang ayah dari dua anak Satu Istri. Sangat hobi menulis sejak SD. Semoga tulisan di blog ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *